BEKAL MAMA

/
0 Comments
Semasa SMA  aku lebih sering menghabiskan waktu dikamar dibandingkan keluar bareng teman. Alasannya bukan karena aku orang yang introvert, tapi aku memang suka tidur. Hampir sepuluh jam disekolah aku habiskan untuk belajar, matematika, ekonomi, sejarah sampai rasanya aku bisa mencium bau gosong keluar dari dalam kepala. Aku butuh tidur. Sewaktu jam pelajaran berlangsung setiap lima belas menit aku selalu Tanya agnes “nes sekarang jam berapa?”  sampai agnes sering ngamuk “ ko tu niat sekolah ga sih?” 

Cuaca yang panas, ditambah kadar kelaparanku yang terus meningkat setiap pelajarannya makin susah. Entah kenapa makan saat kelas berlangsung itu rasanya menantang dan malah bikin nafsu makan. Ditambah posisiku yang tepat sekali didepan meja guru, aku kurang greget apa lagi coba. Disekolahku makanan kantinnya kurang enak dan ga variatif. Jadilah mamaku setiap jam istirahat selalu nganterin bekal berhubung jarak antara rumah dan sekolahku ga jauh. “weii, emak siapa tu ? gila gaul banget pake sepeda gunung.” Ya itu adalah mamaku. Karena dia gabisa pakai motor abangku membelikannya sepeda. Jadilah kami selalu ditinggal gowes setiap saat. Sampai abangku ngerasa menyesal beliin sepeda, karena mamaku emang doyan banget jalan-jalan. Sampai kami ga sadar ternyata dia udah ikut lomba marathon sepeda beberapa kali, juara mulu lagi. Badass.

Jadi selama jam istirahat kedua, aku dan teman-temanku selalu nungguin mamaku didepan gerbang. Aku ga ngerti kenapa setiap aku jemput bekal, jumlah temen-temen yang nemenin aku nungguin makin lama makin banyak. Abis itu mereka jadi makin agresif “pokoknya yang ngambilin bekalnya indah duluan dia yang dapat bagian paling banyak” nah lo dia aja yang ngatur.

Mamaku memang senang banget masak, jadi pas bikinin aku bekal dia tau kalau aku bakal bagiin sama temen-temen. Jadilah dia bikin porsi buat orang jualan. Dia malah seneng denger sewaktu pulang sekolah aku ceritain kalau semua temenku rebutan bekalku sampai ada yang putus tali silaturahmi. “Wah kalau gitu besok mama bikinin lebih banyak lagi.” Yaampun. Tapi inilah yang bikin mereka akrab sama aku, gara-gara masakan mama, jadi setiap mereka kelaparan pura-pura main kerumah trus langsung kedapur. Memalukan. Makin lama temen-temenku ini makin ngelunjak. “ma, besok bikin nasi goreng ya” “ma besok bikin soto ayam ya.”  “ma aku lagi kepengen kue brownies mama” AMBIL sana emak gue, biar kenyang.  Tapi mamaku memang luar biasa baik hati katanya “ga apa hitung-hitung berbagi sama kaum duafa” ini baru mamaku.

Ya, mungkin alasannya aku betah dirumah adalah karena mamaku selalu masakin kesukaanku. Setiap pulang sekolah aku pasti kedapur dulu, dan gapernah kecewa karena selalu ada masakan yang enak. Atau ketika aku ada ulangan atau ujian.  aku selalu belajar dimalam hari sekitar jam 4.00 pagi biasanya aku paksa abangku yang nomor dua buat masakin karena Cuma dia yang masih bangun. “uda, aku mau nasi goreng” “masak sana, gua lagi malas” “aku kan lagi belajar uda, nanti kalau aku gabelajar aku dapat nilai merah,terus tinggal kelas, terus jadi bego gimana. Mau punya adik bego” karena bosan dengerin curhatanku akhirnya dia nyerah. Hmm nasi goreng buatannya memang yang terbaik. Abangku memang pintar sekali masak. Sewaktu kami ditinggal papa mama ke kota solok. Abangku dipercaya sebagai ibu rumah tangga, dia yang memasak setiap hari, merapikan rumah, sampai membuat kue pesanan mama. 

Selama masa ujian adalah masa yang sangat menguji kesabaranku. Kebiasaanku saat belajar adalah menyuruh semua orang diam, volume televisi harus kecil dan gaada yang boleh keluar masuk kamarku. Tapi mereka baca: abang dan mamaku memang selalu usil dan ngerasa ada yang kurang kalau ga gangguin aku yang lagi serius. Apa lagi abangku sengaja keluar masuk kamar tapi ga ngambil apa-apa, trus tidur dikasur ngajak aku ngomong bahas topik yang ga jelas sampai aku lupa belajar. Mamaku juga sengaja bikin aku ketawa ngakak sampai aku susah berhenti ketawa dan gajadi belajar. Kucingku juga mendadak jadi jinak dan manja padahal kalau aku lagi ga sibuk mana mau dia dipegang. Godaan yang paling susah dihindari. Entah sejak kapan semuanya jadi ngumpul dikamarku, ngajakin aku cerita sampai pagi. Akhirnya aku ngafal ngebut dipagi hari. Emang dasar keluarga satu ini.


You may also like

Tidak ada komentar:

Arsip Blog

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.